Rekomendasi Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rekomendasi Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes

| 5:15 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-20T10:15:44Z

buah Penderita Diabetes


Orang yang mengidap diabetes atau penyakit gula perlu selalu memperhatikan jenis makanan yang mereka konsumsi. Terutama jika makanan tersebut mengandung karbohidrat. 

Sebab, tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi gula sehingga pada penderita diabetes. Adapun, konsumsi karbohidrat atau gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah yang tidak aman bagi kesehatan mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah berlebihan, mengonsumsi buah dapat menjadi solusi. Karena itu, ketahuilah beberapa rekomendasi buah yang baik untuk pengidap diabetes. 

 

1. Apel

Serat yang terkandung dalam buah ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, dan kadar insulin. Selain itu, apel juga mengandung banyak nutrisi. Alhasil, apel bisa menjadi camilan yang baik untuk penderita diabetes. 

Menariknya lagi, sebuah meta-analisis pada 2019 silam dari berbagai penelitian yang melibatkan 339.383 peserta menemukan bahwa konsumsi apel dapat secara signifikan menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

Namun, penderita diabetes tetap harus memperhatikan asupan karbohidratnya untuk memastikan kadar gula darahnya tetap stabil sepanjang hari.

2. Anggur

Buah selanjutnya yang dapat menjadi rekomendasi adalah anggur. Nah, buah yang satu ini mengandung sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Buah ini kaya akan serat tetapi rendah akan kalori. 

Alhasil, buah ini dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darahnya lebih baik.  Menariknya lagi, anggur juga menjadi sumber vitamin C, vitamin K, beberapa jenis mineral seperti potasium dan magnesium yang baik. 

3. Jeruk

Secara umum, jeruk utuh merupakan opsi yang lebih baik karena kandungan seratnya. Jeruk utuh menyediakan beragam nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh dalam pengaturan gula darah, dan sebaiknya menjadi pilihan utama ketimbang jus buah.  

Sementara itu, penting untuk membatasi konsumsi jus jeruk. Sebab, jus jeruk umumnya telah memiliki gula tambahan. 

4. Jambu Biji

Rekomendasi buah yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya adalah jambu biji. Sebab, jambu biji mengandung serat dan antioksidan yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mulai dari menurunkan gula darah, mengurangi kadar kolesterol hingga menurunkan tekanan darah.

5. Kiwi

Karena kandungan air buah kiwi yang tinggi, buah kiwi 100 gram akan setara dengan sekitar 5 gram (1 sendok teh) glukosa dalam pengaruhnya terhadap glukosa darah.  Dengan demikian, buah kiwi memiliki dampak glikemik rendah dan cocok untuk penderita diabetes.

Tak hanya itu, buah kiwi juga masih memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. 

6. Buah Pir

Buah pir mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin K, antioksidan tinggi, dan kandungan air. Selain itu, serat yang terdapat dalam pir juga memiliki manfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. 

Karena alasan ini, pir merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7. Buah Beri

Buah-buahan dari kelompok beri mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Buah-buahan seperti stroberi dan blueberry sangat baik untuk penderita diabetes.

copas dari https://www.halodoc.com/artikel/7-rekomendasi-buah-yang-baik-untuk-penderita-diabetes

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update