Celebrity Endorser -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Celebrity Endorser

| 3:52 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-14T08:52:03Z

Celebrity Endorser

Celebrity endorser menurut Rachbini dalam jurnal Adiba, Suroso, dan Afif (2020) adalah orang terkenal yang menggunakan pengakuan publik mereka untuk merekomendasikan atau mempresentasikan produk dalam iklan. Bahkan menurut Clemente dalam jurnal Manggalania dan Soesanto (2021) celebrity endorser merupakan penggunaan selebriti dalam iklan dengan tujuan merekomendasikan penggunaan produk yang disponsori. Selebriti digunakan karena atribut kesohorannya termasuk ketampanan, keberanian, talenta, keanggunan, kekuatan, dan daya tarik fisiknya yang sering mewakili daya tarik yang diinginkan oleh merek yang diiklankan.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa, celebrity endorser merupakan alat promosi yang menggunakan selebriti atau tokoh (actor, penghibur maupun atlet) yang dikenal masyarakat karena prestasinya. Menggunakan selebriti sebagai alat promosi dapat menarik, menyenangkan dan lebih dapat di percaya oleh publik sehingga produk yang di promosikan lebih mudah di kenali oleh konsumen.

Faktor Pemilihan Celebrity Endorser

Menurut Song dan Chaipoopiratana dalam Jurnal Suhardi dan Irmayanti (2019) :

1) Risk

Terdiri dari biaya yang digunakan dalam perolehan layanan dari aktor atau artis atau endorcement fee, citra risiko atau image change risk, exclusive  representation, overshadowing, dan efferentation.

2) Physical Actrativiness

Sifat individu yang dapat menumbuhkan ketertarikan terhadap dirinya.

3) Credibility

Sebuah sifat individu yang dapat menumbuhkan sebuah kepercayaan dari   orang lain terhadap individu tersebut.

4) Amiability

Kemampuan selebriti dalam bersikap dengan masyarakat sehingga selebriti tersebut dapat disukai oleh masyarakat.

5) Celebrity Product Match

Perilaku para selebriti harus dapat menumbuhkan kesan yang sesuai untuk produk yang mereka iklankan.

6) Proffesion

Orang akan menghormati profesi apapun seperti sebagai orang pekerja keras           dan seseorang yang betanggung jawab.

7) Celebrity Audience

Kecocokan atau kesesuaian serta kelayakan seorang aktor atau artis yang    dapat memberikan kesan yang positif.           

Indikator Celebrity Endorser

Menurut Putra et al (2018) dalam Triputranto dan Nurdiansyah (2021) indikator Celebrity Endorser yaitu :

1) Trustworthiness (Kepercayaan)

Kepercayaan adalah sesuatu yang dipersesikan bukan merupakan fenomena yang absolut layak dipercaya. Hal ini berhubungan dengan kejujuran, integritas, dan kepercayaan atas diri endorser. Kelayakan dapat dipercaya pada endorser tergantung kepada persepsi konsumen atas motivasi sang      endorser sehingga penggunaan artis sebagai endorser produk dianggap  memberikan dorongan didalam mendongkrak minat beli konsumen  menggunakan aplikasi. Indikator trustworthiness mengacu pada sejauh mana  sumber dipandang memiliki kejujuran, ketulusan, dan dapat dipercaya.

2) Expertise (Keahlian)

Keahlian mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang dimiliki oleh seorang endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung.   Seorang endorser yang diterima sebagai seorang yang ahli pada merek yang didukungnya akan lebih persuasive dalam menarik udience dari pada seorang  endorser yang tidak diterima sebagai seorang yang ahli. Beberapa indikator  pada expertise seperti pengetahuan, pengalaman, dan keahlian dalam hal ini penggunaan beberapa artis sebagai model endorser pada aplikasi Instagram  dianggap memberikan pengaruh positif terhadap minat beli konsumennya. Indikator keahlian mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang dimiliki oleh seorang endorser yang dihubungkan dengan merek yang    didukung.

3) Attractiveness (Daya Tarik)

Daya tarik mengacu pada diri yang dianggap sebagai hal yang menarik untuk dilihat. Ketertarikan tidak hanya berkaitan dengan daya tarik fisik tetapi juga termasuk karakter yang luhur yang dipersepsikan oleh konsumen dalam diri       endorser, seperti : kemampuan intelektual, kepribadian, karakteristik, dan keahlian dalam bidang bermusik.

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update