Ekosistem digital Indonesia PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. resmi mengumumkan
kemitraan strategis bersama platform hiburan TikTok untuk memperkuat
pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta
perluasan pasar bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)
nasional.
Mengutip dari keterangan pers GoTo dan TikTok, Senin, bisnis Tokopedia
dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah Tokopedia serta
TikTok akan memiliki pengendalian terhadap Tokopedia. Ftur layanan belanja
dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh
Tokopedia.
TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Serikat
(AS) atau sekitar Rp23,4 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk
berinvestasi mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada
kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo diharapkan dapat memperluas
manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.
Kerja sama dengan TikTok Shop Indonesia dinilai akan membawa
pertumbuhan bisnis bagi Tokopedia dan keunutngan bagi GoTo, antara
lain menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital
melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.
GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan
skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Kemitraan strategis kedua
platform akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan
konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.
Mereka akan meluncurkan kampanye “Beli Lokal”, yang dimulai pada 12
Desember bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sebagai
inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital
melalui pemberdayaan UMKM lokal.
Kampanye “Beli Lokal” akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok untuk
mempromosikan berbagai jenis pedagang dengan fokus utama pada produk asal
Indonesia. Program “Beli Lokal” di aplikasi TikTok memungkinkan para
pengguna berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit
mereka.
TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas
bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun
mendatang.
Dukungan tersebut, antara lain promosi produk-produk Indonesia pada
platform Tokopedia dan TikTok, huluisasi UMKM untuk mendorong peningkatan
kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif,
dukungan pemasaran, promosi produk hingga pasar internasional, membuka pusat
pengembangan talenta digital, serta memastikan lokapasar yang memungkinkan
persaingan secara wajar.
Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024.
Kesepakatan itu sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi
keuangan serta strategi perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).
Untuk memastikan keberlanjutan langkah Tokopedia dalam mendorong
perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk
memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo,
dengan dukungan dari perwakilan Tokopedia dan TikTok.
Selain itu, dalam kemitraan ini, Goldman Sachs akan bertindak sebagai
penasihat keuangan untuk grup GoTo.
Copas dari
https://www.antaranews.com/berita/3865455/harbolnas-tiktok-shop-indonesia-dan-goto-resmi-jalin-kerja-sama?utm_source=antaranews&utm_medium=desktop&utm_campaign=category_home
No comments:
Post a Comment