Panas, Kapal Inggris Tembak Jatuh 21 Drone-Rudal yang Ditembakkan Houthi -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Panas, Kapal Inggris Tembak Jatuh 21 Drone-Rudal yang Ditembakkan Houthi

| 1:08 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-10T06:08:54Z

 

Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Inggris menembak jatuh 18 drone (UAV) dan tiga rudal yang ditembakkan oleh kelompok pemberontak Houthi ke arah jalur pelayaran internasional di Laut Merah. Militer AS menyatakan insiden itu terjadi pada Selasa (9/1) waktu setempat.

Peluncuran 21 drone dan rudal itu terjadi seminggu setelah 12 negara yang dipimpin oleh Amerika Serikat memperingatkan kelompok Houthi akan mendapat konsekuensi, jika mereka tidak segera menghentikan serangan terhadap kapal-kapal komersial.

Serangan itu, menurut kelompok pemberontak yang berbasis di Yaman tersebut, dilakukan untuk mendukung warga Palestina di Gaza, di mana Israel tengah memerangi kelompok Hamas.

"Houthi yang didukung Iran melancarkan serangan kompleks dengan UAV satu arah yang dirancang Iran..., rudal-rudal jelajah anti-kapal, dan sebuah rudal balistik anti-kapal dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi ke Laut Merah Selatan," kata Komando Pusat AS (CENTCOM) dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (10/1/2024).

Drone dan rudal tersebut ditembak jatuh oleh gabungan pesawat tempur F/A-18 yang beroperasi dari kapal induk Amerika Serikat, USS Dwight D. Eisenhower dan satu kapal perusak Inggris dan tiga kapal perusak Amerika, kata CENTCOM, seraya menambahkan bahwa tidak ada korban cedera atau kerusakan yang dilaporkan.

Amerika Serikat telah membentuk satuan tugas angkatan laut multinasional bulan lalu untuk melindungi pelayaran Laut Merah dari serangan Houthi, yang membahayakan rute transit yang membawa hingga 12 persen perdagangan global.

Kelompok Houthi mengatakan mereka menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel. Namun, Wakil Laksamana Brad Cooper, komandan angkatan laut AS di Timur Tengah, mengatakan pekan lalu, bahwa puluhan negara memiliki koneksi ke kapal-kapal yang telah diserang Houthi.

Perang meletus di Gaza setelah serangan mengejutkan lintas batas dari Gaza pada tanggal 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.140 orang di Israel, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka-angka Israel.
Setelah serangan itu, Amerika Serikat bergegas memberikan bantuan militer ke Israel, yang telah melakukan kampanye tanpa henti di Gaza, yang telah menewaskan sedikitnya 23.210 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas.

Kematian mereka telah memicu kemarahan yang meluas di Timur Tengah dan mendorong terjadinya serangan oleh kelompok-kelompok bersenjata di seluruh wilayah yang menentang Israel.

Pasukan AS di Irak dan Suriah juga berulang kali menjadi target serangan drone dan roket, yang menurut Washington dilakukan oleh kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Iran.

copas dari https://news.detik.com/internasional/d-7133760/pasukan-as-inggris-tembak-jatuh-21-drone-rudal-yang-ditembakkan-houthi?single=1

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update