Penampakan Kapal Induk Baru China yang Bakal Bikin AS Ketar-ketir -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penampakan Kapal Induk Baru China yang Bakal Bikin AS Ketar-ketir

| 11:08 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-04T16:08:29Z

Kapal Induk Baru China
 

Pemerintah China secara resmi memperlihatkan wujud kapal induk ketiga mereka yang sedang dibangun, Fujian, atau type 003. Kapal induk ini membuktikan kemajuan industri militer negeri Tirai Bambu. Sebab Fujian dibuat sepenuhnya oleh sumber daya lokal China. Fujian juga memiliki landasan terbang yang rata seperti kapal induk Amerika Serikat.

Dalam video yang diunggah jaringan televisi pemerintah China, CCTV, kapal induk Fujian tampak memasuki tahap sea trial. Kapal induk ini terlihat berada di laut dengan kapal tunda (tugboat) di kedua sisinya. Landasan kapal masih tampak bersih dari deretan pesawat tempur. Hanya ada satu unit pesawat tempur yang diduga model Shenyang J-15.
Dari video yang dipublikasi, kita juga bisa melihat bahwa kapal induk ini memiliki tiga garis katapel Catobar (Catapult Assisted Take-Off Barrier Arrested Recovery). Katapel ini berfungsi untuk membantu pesawat lepas landas, sehingga tidak membutuhkan lagi landasan ski-jump deck seperti di kapal induk Liaoning atau Shandong.

Sebagai informasi, kapal induk Fujian dibangun oleh galangan kapal Jiangnan. Kapal induk Fujian dirancang sejak 2015 dan diluncurkan pada 2022 lalu. Kapal induk ini memiliki bobot perpindahan sebesar 85.000 ton - 100.000 ton. Lebih besar dari dua kapal induk China sebelumnya, Liaoning (67.500 ton) dan Shandong (70.000 ton).

Dikutip dari Naval News, kapal induk Fujian milik China memiliki dimensi sebanding dengan kapal induk AS seperti kelas Nimitz dan Ford. Secara dimensi, kapal induk type 003 terbaru China ini memiliki panjang hingga 320 m dan lebar landasan pacu 73 m. Kapal induk menggunakan sistem katapel.

Dengan adanya sistem catapult, landasan pacu kapal induk Fujian menjadi rata karena pesawat tempur yang mau melakukan take-off bakal dilontarkan seperti sistem katapel.

Adapun sistem katapel yang digunakan adalah EMALS (Electromagnetic Aircraft Launch System). Sistem ini pakai tenaga listrik, sehingga bisa memberi beberapa keuntungan, seperti lebih sedikit ruang dan dapat meluncurkan pesawat dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Copas dari https://oto.detik.com/berita/d-7123576/penampakan-kapal-induk-baru-china-yang-bakal-bikin-as-ketar-ketir?bytedance=true

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update